INFORMASI AKADEMIK

Byadmin

INFORMASI AKADEMIK

KURIKULUM PENDIDIKAN DIPLOMA III KEBIDANAN
AKADEMI KEBIDANAN GRAHA MANDIRI CILACAP

A. KARAKTERISTIK PROGRAM STUDI

Program Studi Diploma III Kebidanan Akademi Kebidanan Graha Mandiri Cilacap merupakan pendidikan vokasional dalam program pendidikan tinggi kebidanan yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin, secara mandiri dalam pelaksanaan tanggung jawab pekerjaannya.

Pendidikan Diploma III Kebidanan mempunyau gelar Ahli Madya Kebidanan (A.Md.Keb) dengan beban studi sekurang-kurangnya 108 SKS dengan beban normal belajar mahasiswa adalah 8 jam perhari (48 jam/minggu setara dengan 18 SKS/semester) sampai 9 jam perhari (54 jam/minggu setara dengan 20 SKS/semester) dan ditempuh dalam masa studi 6 – 8 semester sesuai dengan pasal 17, Permendikbud no 49 tahun 2014. Proses pendidikan ditempuh dalam waktu sekurang-kurangnya 6 (enam) semester dan selama-lamanya 8 (delapan) semester setelah pendidikan menengah (SNPT/ SN DIKTI, 2014).

B. PROFIL LULUSAN

Profil Lulusan Diploma III Kebidanan di Indonesia merupakan tampilan kinerja Ahli Madya Kebidanan sebagai :

1. Pemberi asuhan kebidanan (care provider) yaitu: Ahli Madya Kebidanan berperan sebagai pemberi asuhan kebidanan esensial pada  kehamilan, persalinan dan bayi baru lahir, nifas, KB, bayi, balita dengan melibatkan keluarga dan masyarakat pada kondisi normal, melakukan deteksi dini dan penanganan awal kegawatdaruratan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan kode etik profesi pada tatanan pelayanan kesehatan.

2. Komunikator yaitu: Ahli Madya Kebidanan berperan sebagai komunikator untuk memberikan informasi dalam asuhan kebidanan dan pendidikan kesehatan pada hamil, nifas, masa remaja, prakonsepsi, pre menopause yang dibutuhkan oleh keluarga dan masyarakat sesuai dengan kewenangan.

Profil ahli madya kebidanan sebagai komunikator merupakan profil penunjang dalam mencapai profil pemberi asuhan kebidanan (care provider).

C. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (Capaian Pembelajaran)

1) Capaian Pembelajaran Sikap dan Keterampilan Umum
2) Capaian pembelajaran pengetahuan dan sikap khusus yang berhubungan dengan profil care provider dan komunikator

D. TAHAPAN PENDIDIKAN

1. Pendidikan tahun pertama menguasai ilmu-ilmu dasar dan keterampilan dasar yang melandasi praktik dan pada akhir tahun pertama mampu memperagakan asuhan kehamilan pada tingkat skill lab.

2. Pendidikan tahun kedua menguasai asuhan kebidanan pada masa kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, neonatus, bayi, balita sehat,  Kesehatan reproduksi, keluarga berencana, deteksi dini dan kegawatdaruratan pada tingkat  skill lab dan praktik langsung di fasilitas pelayanan kesehatan dengan bimbingan penuh.

3. Pendidikan tahun ketiga menguasai asuhan kebidanan dasar pada masa kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, neonatus, bayi, balita sehat, kesehatan reproduksi, keluarga berencana, deteksi dini dan kegawatdaruratan pada tingkat fasilitas pelayanan kesehatan dan komunitas  sebagai kandidat ahli madya dengan bimbingan terbatas/ sesaat.

1. Struktur Program dan Distribusi Mata Kuliah persemester

Kepmendikbud No 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, jumlah SKS minimal pendidikan DIII Kebidanan adalah 108 SKS dan maksimal adalah 120 SKS.

Struktur kurikulum pendidikan diploma III kebidanan yang dikembangkan oleh AIPKIND minimal 108–120 SKS, struktur kurikulum terdiri dari 3 jenis mata kuliah yaitu:

1. Mata kuliah wajib : 8 SKS

2. Mata kuliah Program Studi DIII Kebidanan : 89 SKS

3. Mata kuliah penciri program studi : 21 SKS.

About the author

admin administrator