Pembinaan Kelompok Lansia Akbid Graha Mandiri

Byadmin

Pembinaan Kelompok Lansia Akbid Graha Mandiri

CILACAP, Akademi Kebidanan Graha Mandiri Cilacap melaksanakan kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bidang Pengabdian Masyarakat dengan melakukan pembinaan kelompok lansia di RT 02 RW 01 Kelurahan Gumilir Cilacap Utara, Kamis (5/4).

Ketua RT, Djumari Raksamiardja mengatakan, setelah diamati bahwa lansia di wilayahnya selalu mengeluhkan tentang gangguan kesehatan. Namun hal tersebut tidak pernah dianggap serius, yang pada akhirnya mereka harus dirawat di rumah sakit dan ketergantungan obat-obatan untuk penyembuhan.

“Melihat hal tersebut kami berinisiatif untuk bekerjasama dengan Akbid terutama dalam pemantauan kesehatan fisik dan laboratorium sederhana untuk cek darah sekaligus cara mengatasi keluhan tanpa pengobatan melalui edukasi,” kata dia.

Kegiatan yang secara rutin setiap dua minggu sekali oleh Akbid tersebut meliputi pemeriksaan fisik, cek kolesterol, asam urat dan gula darah. Selain itu pelaksanaan interverensi sebagai upaya preventif terhadap terjadinya penyakit dan upaya rehabilitatif sederhana tanpa obat untuk mengurangi gejala dan keluhan lansia.

Dosen Akbid Graha Mandiri Cilacap, Naomi Parmila mengatakan satu kegiatan yang dilakukan sebagai upaya preventif dan rehabilitatif adalah senam untuk mengurangi keluhan karena peningkatan kadar asam urat. Karena berdasarkan hasil pemeriksaan fisik keluhan yang dirasakan lansia adalah nyeri sendi, kaku leher dan otot punggung, kesemutan tangan dan kaki.

“Tujuan senam yang dilakukan adalah untuk mengurangi keluhan tanpa pengobatan atau obat obatan dengan cara memaksimalkan tubuh melalui peningkatan sirkulasi darah,” ujarnya.

Kegiatan selanjutnya selain senam, adalah pembinaan edukasi tentang makanan sehat untuk usia lanjut dan cara pengolahan sumber daya alam yang ada disekitar rumah. Menurutnya, dengan kegiatan tersebut merupakan peluang untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu terutama tentang menangani masyarakat secara langsung di Komunitas.

About the author

admin administrator