LAPORAN KEGIATAN SEMINAR TEMA “ASSESMENT DAN TREATMENT PADA GANGGUAN NEUROLOGI ANAK”

LAPORAN KEGIATAN SEMINAR

TEMA

“ASSESMENT DAN TREATMENT PADA GANGGUAN NEUROLOGI ANAK”

PEMBICARA dr. YOHANES PURWANTO S,St.Ft.,S.Psi

 

AKADEMI KEBIDANAN GRAHA MANDIRI CILACAP

BEKERJASAMA DENGAN

 IKATAN FISIOTERAPI CABANG BANYUMAS

A. LATAR BELAKANG

Akhir-akhir ini, Kelainan saraf pada bayi dan anak relatif sering ditemukan, hampir 20 – 30% pasien rawat inap maupun rawat jalan merupakan kasus neurologis. Pada umumnya anak dibawa oleh orang tua berobat akibat gangguan fungsional yang dialaminya, gangguan perkembangan, gangguan kesadaran, kelumpuhan ekstremitas, kelumpuhan saraf otak,kejang dan lain-lain

Masalah keterlambatan bicara pada anak merupakan masalah yang cukup serius yang harus segera ditangani karena merupakan salah satu penyebab gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak. Menurut Hurlock (2008: 194-195) anak yang mengalami keterlambatan bicara, yaitu apabila tingkat perkembangan bicara anak berada di bawah tingkat kualitas perkembangan bicara anak pada umur yang sama. Yang dapat diketahui dari ketepatan penggunaan kata, yang ditandai dengan pengucapan yang tidak jelas dan dalam berkomunikasi hanya dapat menggunakan bahasa isyarat, sehingga orang tua maupun orang yang ada disekitarnya kurang dapat memahami anak. Dalam keterlambatan bicara anak dapat memahami apa yang dibicarakan orang, namun dia mengalami kesulitan dalam merespon dengan menggunakan kata-kata dan hanya dapat mengunakan bahasa isyarat saja.

Dampak yang paling nyata dengan adanya keterlambatan bicara pada anak yaitu anak akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi terhadap lingkungannya, orang disekitar anak akan susah memahami anak. Anak akan mengalami keputusasaan sebab mereka tidak dapat menjelaskan kebutuhan dan keinginan mereka kepada orang lain, anak juga akan mengalami kesulitan bersosialisasi terhadap teman sebaya. Dan pada akhirnya perkembangan anak akan mengalami gangguan karena tidak terpenuhinya keterampilan-keteramapilan yang dibutuhkan anak untuk dapat memenuhi tugas-tugas perkembangannya.

Keterlambatan bicara tidak hanya mempengaruhi penyesuaian sosial dan pribadi anak, tetapi juga mempengaruhi penyesuaian akademis anak. Pengaruh yang paling serius adalah terhadap kemampuan membaca yang merupakan mata pelajaran pokok pada awal sekolah anak. Kemudian keadaan ini akan mempengaruhi kemampuan anak dalam mengeja. Ketidakmampuan berprestasi di sekolah, digabungkan dengan masalah penerimaan social akan menimbulkan rasa benci anak untuk bersekolah. Lebih jauh lagi, ini akan menghambat prestasi akademis anak.

 

B. TUJUAN KEGIATAN

Tujuan Umum  Kegiatan :

Meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan/mahasiswa tentang standart kualitas layanan kesehatan gangguan neurologi anak

Tujuan Seminar :

  1. Meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan/mahasiswa tentang konsep assessment dan treatmen gangguan neurologi anak.
  2. Meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang standar kualitas assessment dan treatmen gangguan neurologi anak
  3. Memberikan gambaran (perspektif) kepada mahasiswa tentang aplikasi assessment dan treatmen gangguan neurologi anak

 

C. TEMA KEGIATAN

Seminar sehari dengan Tema “Assesment Dan Treatment Pada Gangguan Neurogi Anak”

 

D. PEMBICARA DAN MATERI

  1. Pembicara :

Dr. Yohanes Purwanto, S.St.Ft., S.Psi.

 

  1. Materi :
    1. Assesment Pada Gangguan Neurologi Anak
  2. Treatment Pada Gangguan Neurologi Anak
  3. Standart kualitas layanan fisioterapi

 

E. PELAKSANAAAN KEGIATAN

Kegiatan seminar diselenggarakan pada :

  • Hari / tanggal : Minggu / 25 September 2016
  • Waktu : 09.00 – 12.00 WIB
  • Tempat :Auditorium Akademi Kebidanan Graha Mandiri Cilacap
  • Peserta : ± 150 orang